Rabu, 15 April 2009

Thaksin: Saya "Dikerjai" Para Jenderal dan Elite

"Saya dikerjai para jenderal, termasuk Prem Tinsulanonda, penasihat kerajaan. Mereka adalah para elite Thailand yang selama ini menikmati kenyamanan politik yang berstruktur lemah,” demikian dikatakan mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra dalam berbagai wawancara dengan BBC, Aljazeera, dan Far Eastern Economic Review dalam sepekan terakhir.

Aljazeera mengatakan, Thaksin berada di Dubai, Uni Emirat Arab, tetapi televisi lainnya tidak menyebutkan lokasi Thaksin.

Kantor Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjajiva, Bangkok, Selasa (14/4), menyebutkan, kini diusahakan penangkapan terhadap Thaksin dan 12 dalang demonstrasi para pendukung Thaksin, dengan alasan mengganggu ketenangan umum.

Thaksin sendiri membantah bahwa dia telah mendalangi dan membiayai aksi demonstrasi itu. ”Saya hanya memberikan dukungan moral kepada mereka. Jangan kira mereka itu, yang umumnya warga pedesaan dan miskin, bodoh soal politik,” kata Thaksin.

Manipulasi

Thaksin bertutur bahwa suksesnya secara politik dan dukungan yang mengkristal dari warga pedesaan telah mengganggu legitimasi dan kelanggengan elite lama di Thailand, terutama Partai Demokrat, payung politik Abhisit.

”Para tokoh Demokrat, para jenderal, akhirnya bergabung dengan Aliansi Rakyat untuk Demokrasi untuk menjungkalkan saya,” kata Thaksin.

”Mereka pun menuduh saya tidak loyal kepada Raja Bhumibol Adulyadej. Saya sangat loyal kepada Raja, tetapi para elite itu melakukan rekayasa untuk menyingkirkan saya hanya karena kelanggengan politik mereka terganggu dengan keberadaan saya,” papar Thaksin.

Thaksin melanjutkan, berbagai cara telah dilakukan para elite Thailand untuk menggusurnya. Hal ini dimulai dengan kudeta tak berdarah 2006, pembubaran parlemen, dan penyelenggaraan pemilu. ”Namun, dalam pemilu saya terbukti tetap mendapat dukungan politik dan partai saya menang,” kata Thaksin.

”Saya tidak berpikir untuk kembali. Saya hanya ingin agar rakyat pedesaan mendapatkan perhatian. Saya selalu ingin melakukan yang terbaik. Saya tidak sempurna sebagai orang, tetapi tetap mencoba yang terbaik,” katanya. (MON)

Tidak ada komentar: